Sabtu, 22 September 2012

Trik Matematika: Menebak Tanggal Lahir


Mungkin Anda sudah sering melihat pesulap yang beraksi di televisi dengan menunjukkan trik dan atraksi yang sangat luar biasa. Beberapa trik sulap atau magic ada yang menggunakan sains, kecepatan tangan, sulap klasik, mentalis, dan sebagainya. Berikut ini adalah salah satu trik yang menggunakan salah satu ilmu yang sering dianggap susah untuk dipahami oleh sebagian orang, dalam hal ini trik ilmu Matematika, sebagai teknik untuk melakukan trik sulap (biasa juga disebut Math-Magic).
Jika pernah menonton acara The Master , acara di salah satu stasiun swasta di Indonesia, mungkin Anda sudah sering melihat aksi dari Joe Sandy yang sering menggunakan ilmu Matematika dalam aksi sulapnya, yaitu dengan menggunakan angka-angka yang akan membuat kita tahu segala hal, salah satunya adalah trik menebak tanggal lahir.
Trik ini bukanlah Ilmu sihir yang di pakai para magician atau para dukun, tapi ini hanyalah trik yang sangat bagus untuk Anda pelajari. Selain bisa memberikan pengetahuan tentang trik sulap juga bisa meningkatkan kecerdasan otak Anda dengan memikirkan konsep logika yang ada dalam tabel angka tersebut.
Silahkan Anda lihat beberapa tabel angka di bawah ini:

Tabel A


Tabel B


Tabel C


Tabel D


Tabel E



Cara menebak:  



Silakan Anda perlihatkan tabel-tabel di atas kepada teman dan mintalah teman Anda untuk menunjukkan tabel mana saja yang memuat tanggal lahirnya (atau terserah angka apa saja yang dipilihnya). Contoh, teman Anda memilih 19 jadi teman Anda akan menunjuk tanggal lahirnya di tabel atau kotak Tabel A, Tabel B, dan Tabel E.

Selanjutnya, Anda dapat menentukan tanggal lahir teman Anda dengan cara menjumlahkan angka yang berada di sudut kiri paling atas (angka pertama) di masing-masing kotak yang dia sebutkan. Jadi, teman Anda memilih Tabel A = 1, Tabel B = 2, dan Tabel E = 16 lalu jika semua dijumlakan maka hasilnya adalah >> 1 + 2 + 16 = 19, maka katakan kepada teman Anda tanggal lahirnya adalah 19. Selamat mencoba!




Baca Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar: