Senin, 24 September 2012

Sekilas Tentang Google Drive


Google Drive adalah salah satu media penyimpanan awan (coud storage) yang ada di internet. Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah cloud storage? Cloud storage (penyimpanan awan) diartikan sebagai media penyimpanan data atau file dalam bentuk apapun di internet. Jika dilihat sekilas, penggunaannya mirip dengan situs berbagi pakai (file sharing) yang sering Anda gunakan saat mengunduh sesuatu dari internet.

Ada banyak sekali situs penyedia cloud storage, seperti Dropbox, Sugar Sync, Open Drive, Team Drive, Sky Drive, Google Drive, dan sebagainya. Sejak 24 April 2012, google resmi merilis sebuah cloud storage yang diberi nama Google Drive. Bagi pengguna Google Docs yang telah lebih dulu populer, pasti sudah pernah menggunakan Google Drive karena Google Docs telah dimasukkan ke dalam Google Drive.
                Saya pribadi menggunakan cloud storage sebagai pengganti flash disk, selain kapasitasnya yang lumayan besar, penggunaannya pun gratis (internetnya tetap bayar). Google Drive memberikan ruang gratis sebesar 5 GB kepada penggunanya, namun jika ingin memiliki ruang dengan kapasitas yang lebih besar Anda harus rela mengeluarkan sedikit uang. Jika ingin hemat, Anda cukup membuat akun google yang baru saat ruang penyimpanan yang diberikan sudah penuh.

Fasilitas Google Drive

1. Google Drive memberikan ruang (space) gratis sebanyak 5 GB. Kalau kurang Anda dapat meng-upgrade menjadi 25 GB dengan membayar $2.49 per bulan atau $30 (sekitar Rp280 ribu) per tahun.
2. Membuat dokumen baru, spreadsheet, dan presentasi secara instan. Dapat mengedit suatu dokumen dengan kolega bersama-sama pada waktu yang sama. Ini salah satu kelebihan Google Drive jika dibandingkan dengan situs berbagi pakai.
3. Gmail attachment (sisipan) tidak perlu lagi. Link dari Google Drive dapat dikirim ke Gmail untuk dijadikan attachment secara otomatis.
4. Video dan Foto yang tersimpan di Google Drive akan otomatis tersedia di Google Plus.
5. Mesin pencari khusus tersedia di Google Drive untuk mencari berkas yang ada. Dilengkapi dengan opsi pencarian berbasis ekstensi (jenis) file, bukan hanya nama berkasnya saja.
6. Dapat membuka semua format file, termasuk Adobe HD Video, Photoshop, dll walaupun Anda belum menginstal software tersebut di komputer.
7. Dapat berbagai file (berkas) dengan menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, fitur ini fungsinya sama dengan situs berbagi pakain lain.
 8. Simpan otomatis. Begitu Anda membuat perubahan di salah satu file di Google Drive, ia akan tersimpan secara otomatis.



Ketersediaan Google Drive
 Google Drive dapat digunakan dalam beberapa piranti (device) berikut:
 1. Komputer berbasis Windows
 2. Komputer berbasis Mac
 3. Tablet berbasis i0S (iPad)
 4. Tablet berbasis Android
 5. Smartphones iPhone
 6. Smartphones berbasis Android

Tapi bagi Anda yang menggunakan sistem Linux jangan berkecil hati. Walaupun Google Drive belum mendukung Sistem Operasi Linux, namun berkat tim ppa ubuntu, google drive kini bisa diakses melalui Nautilus pada Dekstop Gnome Anda.  Caranya silakan lihat di sini. Jika tidak mau repot, Anda juga bisa mencoba cloud storage lain yang mendukung Linux, seperti Dropbox.
Informasi tambahan mengenai Google Drive
Sejak pertama kali dirilis, Google Drive dikabarkan telah diblokir di Cina, padalah layanan dari Google ini baru beberapa jam resmi diluncurkan. Tentu saja ini adalah kabar yang kurang mengenakkan bagi Google.
Bukan hanya Google Drive saja, pemerintah Cina sebelumnya juga telah memblokir layanan sejenis, seperti Dropbox dan beberapa layanan internet milik Barat lainnya. Tentu saja ini sebuah kerugian bagi Google karena Google Drive tidak bisa diakses di Cina yang memiliki potensi besar. Situasi ini memberikan peluang bagi raksasa search engine lokal, Baidu, untuk merajai layanan serupa di Cina. Sementara peminat layanan berbasis awan juga semakin meningkat.
Sebelumnya Baidu juga sudah meluncurkan layanan mirip Google Drive dengan nama WangPan. Layanan ini memberikan penyimpanan online gratis sebesar 15 GB. Jauh dari Google Drive yang hanya memberikan penyimpanan Online gratis sebesar 5 GB saja. Sayangnya, WangPan masih dalam tahap Beta dan membatasi pendaftaran hanya untuk 5.000 pendaftar per harinya.

Nah, itu dia sobat ulasan singkat saya mengenai Google Drive, jika sobat ingin mengetahui informasi mengenai cloud storage lain silakan lihat di sini. Semoga bermanfaat.


Baca Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar: