Rabu, 12 September 2012

Mengatasi & Mencegah Komedo Muncul Kembali

Bercermin dan langsung melihat komedo di ujung hidung memang menyebalkan. Segala cara pun dilakukan untuk menyingkirkannya. Mulai dari scrubbing, membersihkannya dengan krim pembersih atau pore pack hingga facial di salon.

Setelah bersih, dalam hitungan minggu atau bulan komedo pun muncul kembali. Menurut dr. Harold Lancer, seorang spesialis kulit, komedo ini bersifat genetik. Artinya, sudah secara genetik "diprogram", bisa terjadi maupun tidak terjadi. Jika orangtua Anda memiliki banyak komedo, maka Anda pun berisiko besar mengalami masalah yang sama.
"Banyak yang tak tahu kalau komedo bersifat genetik. Jadi, untuk mencegah dan mengatasinya bukan hanya dari luar saja, tetapi juga dari dalam," kata dr. Lancer, dikutip dari Total Beauty.

Ada kebiasaan yang harus Anda kurangi atau hilangkan jika ingin komedo berkurang dan tak muncul kembali. Antara lain, kurangi konsumsi produk susu, kafein, alkohol serta makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. 

Makanan-makanan tersebut diketahui sebagai pemicu tumbuhnya komedo. Gaya hidup memang berpengaruh besar pada kondisi kulit Anda. Mulai sekarang, perbaiki pola makan. Bukan hanya menjaga tubuh selalu sehat, tetapi juga kulit tetap cantik.

Fakta lain yang tak bisa dipungkiri, komedo juga dipicu hormon stres atau kortisol. Saat stres tubuh akan memproduksi hormon tersebut yang memicu sedikitnya produksi hormon testeron yang memicu munculnya komedo.

Lalu, semakin lama komedo tak dibersihkan maka akan semakin memenuhi pori-pori dan membuatnya melebar. Membersihkannya secara teratur, menjaga pola makan, serta menajemen stres yang baik adalah cara terbaik mencegah komedo muncul kembali, dan secara keseluruhan menjaga kecantikan kulit Anda.

Penyebab lain dari munculnya komedo itu sendiri adalah akibat produksi dari minyak yang berlebih yang dikeluarkan melalui pori-pori wajah Anda yang kian membesar dan tertutup oleh kotoran atau debu disekitar Anda saat melakukan rutinitas sehari-hari. Pada dasarnya minyak yang dikeluarkan pada kulit wajah memiliki fungsi yang baik untuk melembabkan wajah, namun jika berlebih akan menimbulkan permasalahan lain yang tidak baik juga bagi kesehatan wajah maupun kecantikan wajah Anda. 

Komedo tersebut selain ditimbulkan oleh penyumbatan pada pori-pori wajah seperti yang telah disebutkan di atas, komedo juga dapat muncul akibat dari salahnya atau kurang tepatnya Anda menggunakan produk kecantikan. Faktor ketidakcocokan terhadap penggunaan produk kecantikan juga dapat memicu munculnya komedo tersebut.
 

Berikut ini akan kita bahas mengenai cara menghilangkan komedo dengan menggunakan beberapa bahan alami yang mudah didapatkan dan mudah dalam proses pembuatannya sebagai cara menghilangkan komedo pada wajah Anda.

Cara menghilangkan komedo menggunakan lidah buaya.
Siapa yang tak kenal dengan tumbuhan khas yang satu ini, selain memiliki fungsi untuk menyehatkan rambut dan fungsi menutrisi rambut ternyata tanaman lidah buaya juga dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan komedo yang terdapat pada wajah. Cukup mengoleskan lidah buaya tersebut yang telah dibersihkan atau dibuang bagian kulit hijaunya, oleskan secara merata pada wajah Anda terutama pada daerah yang terdapat komedo. Diamkan hingga mengering lalu cuci wajah Anda dengan menggunakan air bersih biasa. Lidah buaya memiliki kandungan zat alami yang bersifat sebagai antibakteri yang dapat mencegah munculnya peradangan pada wajah Anda yang nantinya dapat memicu munculnya jerawat.

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan masker kulit jeruk.
Kulit jeruk juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo yang terdapat pada wajah. Kulit jeruk yang telah diblender dengan campuran air, sehingga membentuk pasta, dapat kita gunakan sebagai masker pada malam hari menjelang tidur.

Cara menghilangkan komedo berikutnya yang dapat kita gunakan adalah masker telur.
Telur dapat kita gunakan sebagai bahan membuat masker penghilang komedo yang terdapat pada wajah, selain dapat menghilangkan komedo penggunaan masker telur ini juga dapat mengencangkan kulit wajah Anda. Cara membuat masker telur ini juga tergolong mudah yaitu cukup ambil bagian putih telur,kemudian  dikocok hingga merata dan agak berbusa lalu tambahkan satu sendok makan madu. Putih telur yang dapat kita gunakan bisa dengan putih telur ayam ataupun putih telur bebek dan madu yang digunakan sebaiknya madu asli yang tidak memiliki campuran bahan pemanis. Setelah campuran keduanya sudah cukup merata yang perlu kita lakukan adalah mengoleskan masker telur tadi secara merata layaknya menggunakan masker wajah pada umumnya. Diamkan hingga agak mengering lalu bilas wajah Anda, bilas dengan menggunakan air bersih yang hangat dan setelah itu bilas kembali wajah Anda dengan menggunakan air bersih biasa.

Demikianlah cara menghilangkan komedo yang dapat Anda lakukan dalam perawatan wajah sehari-hari, lakukan salah satu cara menghilangkan komedo tersebut paling tidak 2 kali dalam seminggu agar cepat menghilangkan komedo yang menimbulkan masalah pada wajah Anda. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: vivanews.com , tipswajahwanita.blogspot.com 

Baca Artikel Lainnya:

1 komentar:

Mason mengatakan...

Blackhead atau komedo bisa dihilangkan dengan sederhana seperti alat khusus mengankat komedo seperti pingset