Jumat, 21 September 2012

Chatting Menggunakan Yahoo! Messenger


Pastinya Anda sudah tahu tentang chatting, kan? Kalau punya BlackBerry dan pernah menggunakan BBM (BlackBerry Messenger) pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah chatting. Setidaknya mungkin sobat blogger sudah pernah chatting di skype, facebook, atau aplikasi yang lebih sederhana seperti mIRC dan berbagai media lainnya yang memang dibuat khusus dengan fasilitas chatting. Chatting sendiri berasal dari bahasa Inggris, yang artinya bercakap-cakap, orang Indonesia bilangnya mengobrol atau ngobrol saja.

Sobat blogger mungkin sudah banyak yang tahu mengenai aplikasi keluaran yahoo seperti yahoo messenger, karena tutorial dan informasi mengenai aplikasi tersebut pun sudah banyak di dunia maya. Bukan maksud untuk repost, tapi saya berniat memberikan tutorial bagi pemula yang mungkin belum tahu atau masih bingung menggunakan yahoo messenger atau biasa disingkat YM.
Sebelum memulai chatting di YM, tentu saja kamu harus memiliki akun di yahoo. Masyarakat pada umumnya menggunakan yahoo sebagai situs penyedia layanan surat elektronik (electronic mail) gratis dan sebagai mesin pencari (search engine), namun manfaat dari memiliki akun yahoo sebenarnya sangat banyak, contohnya saja untuk melakukan chatting di yahoo messenger. Cara membuatnya sangat mudah. Silakan klik di sini untuk membuat akun yahoo.
Setelah membuat akun di yahoo, kamu bisa melakukan chatting di situs yahoo tersebut tanpa menginstal aplikasi yahoo messenger terlebih dahulu. Kalau masih bingung caranya bagaimana, langsung klik saja Web Messenger Yahoo, tinggal masukkan Yahoo ID dan passwordnya juga sama dengan akun yahoo yang sudah kamu buat. 
Nah, sebelum menggunakan aplikasi yahoo messenger, terlebih dahulu kamu harus download aplikasinya di sini. Kemudian instal aplikasinya ke dalam komputer, laptop, atau perangkat yang kamu miliki. Setelah itu ikuti langkah berikut.
Pertama
Double klik ikon Yahoo! Messenger yang biasanya, apabila di PC sudah terinstal, akan muncul pada SysTray di Taskbar.

(Atau, kembali saja ke Desktop, dan klik 2x, icon Yahoo Messenger)

(Atau, klik Start >> All Program >> Yahoo! Messenger >> Yahoo! Messenger)


Kedua
Tunggu aplikasinya terbuka 
 
Klik gambar untuk memperbesar 

1.       ID Yahoo!: masukkan id yahoo yang sudah kamu buat, misalnya sitiutari.dilapanga@yahoo.com >> cukup tulis sitiutari.dilapanga saja
2.       Kata Sandi : masukkan password dari akun yahoo yang kamu miliki
3.       a. Ingat ID Dan Kata Sandi saya: jika kamu ingin id dan password kamu tetap tersimpan, beri tanda centang jika perangkat tersebut digunakan secara pribadi
b. Sign In Otomatis : aplikasi yahoo messenger secara otomatis akan melakukan sign in saat komputer kamu dinyalakan
c. Sign in sebagai Tidak Terlihat : jika kamu ingin menampilkan mode offline atau invisible sehingga kontak kamu tidak dapat melihat status online kamu
4.       klik Sign in untuk mulai menggunakan yahoo messenger
5.       a. Dapatkan ID Yahoo! baru… : untuk mendapatkan id baru jika kamu tidak ingin menggunakan id yang telah kamu buat (misal: sitiutari.dilapanga)
b. Lupa kata sandi Anda? : jika kamu lupa dengan kata sandi, kamu bisa mengembalikan dan menggantinya dengan kata sandi baru dengan cara menjawab pertanyaan rahasia yang kamu isi sewaktu membuat akun di yahoo
ketiga
Selanjutnya kamu tinggal meminta nama ID atau e-mail yahoo teman kamu untuk ditambahkan ke dalam kontak atau daftar teman (seperti layaknya di facebook) dengan mengklik +Tambah Kontak.
 
Klik gambar untuk memperbesar 

Kalau teman kamu sudah mengonfirmasi permintaan pertemanan yang kamu kirimkan, sekarang kamu sudah bisa memulai chatting dengan teman kamu tersebut. Aplikasi Yahoo! Messenger telah dilengkapi dengan panggilan video, panggilan suara, konferensi, mengirim sms, dan sebagainya. Jadi kalau kamu kehabisan pulsa di ponsel atau ingin melihat wajah teman kamu (atau pacar), aplikasi ini bisa kamu jadikan alternatif dengan biaya yang gratis sobat blogger, tapi internetnya tetap dibayar lho ya...
Cukup sekian artikelnya, semoga bisa membantu para netter yang masih awam soal chatting di yahoo messenger. Selamat ber-chatting ria sobat!


Baca Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar: